Translate

Cara Mendapatkan Kredit Mobil Tanpa Uang Muka DP

ADSENSE HERE
Kredit Mobil Tanpa DP
Memiliki mobil di jaman seperti sekarang sudah bisa dibilang menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang. Apalagi kepemilikan mobilpun kini makin mudah berkat banyaknya lembaga keuangan seperti bank dan leasing yang menawarkan produk keuangan berupa kredit  mobil.
Debitur hanya perlu menyiapkan uang muka sebesar kurang lebih 20% sebagai uang muka atau DP. Bahkan beberapa lembaga keuangan menyediakan kredit  tanpa DP sehingga makin memudahkan debitur untuk memiliki mobil.
Pada umumnya bank memang tidak bisa memberikan layanan pembiayaan tanpa DP karena peraturan dari bank sentral. Namun lembaga seperti leasing dapat melakukannya, sebab dari itu penting bagi Anda untuk mengerti mekanisme cara kerjanya sekaligus untung dan rugi melakukan kredit  tanpa DP.

Hal yang Perlu dipertimbangkan sebelum mengambil kredit mobil Tanpa DP

Mengambil kredit  Mobil tanpa DP memang terdengar menyenangkan, namun Anda juga harus memperhatikan konsekuensinya. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum mengambil keputusan dalam mengambil kredit  Mobil tanpa DP:

Tanpa uang muka berarti memperbesar nilai angsuran perbulan

Mengambil kredit tanpa DP pada awalnya memang terasa meringankan beban pengeluaran awal, namun jumlah angsuran yang menjadi kewajiban setiap bulannya akan lebih tinggi daripada kredit dengan DP.
Pastikan bahwa nilai angsuran perbulan ada pada level dimana kemampuan keuangan Anda sanggup untuk membayarnya. Jangan sampai ditengah periode pembayaran mobil Anda ditarik kembali oleh kreditur disebabkan Anda gagal dalam membayar angsuran.
Jika kemampuan keuangan Anda tidak dapat membayar angsuran perbulanya maka Anda harus mengambil keputusan dari dua pilihan berikut. Menambah DP agar angsuran terasa ringan, atau memilih jenis mobil dengan harga yang sesuai dengan kondisi keuangan anda saat ini.

Depresiasi harga jual mobil dalam waktu singkat

Anda akan mengalami kerugian apabila menjual mobil dalam waktu singkat. Sebab apabila total angsuran dijumlahkan, maka nilainya akan lebih besar dari pada harga normalnya. Sedangkan mobil yang Anda miliki kini nilainya sudah mengalami penurunan, sehingga apabila Anda menjual mobil dalam waktu singkat maka perbedaan dari selisih harganya akan sangat terasa.

Suku bunga yang berubah

Telitilah sistem penerapan bunga yang digunakan oleh lembaga keuangan yang Anda pilih. Hal ini Anda lakukan agar Anda dapat mengetahui apakah lembaga keuangan tersebut menggunakan suku bunga tetap atau mengambang, sehingga Anda dapat memilih mana paling sesuai dengan kemampuan Anda.
Namun apabila Anda menghendaki instrumen pembiayaan yang melibatkan bunga atau interest. Anda perlu memilih lembaga keuangan berbasis syariah, bisa berupa Bank Syariah atau lembaga keuang syariah lainnya. Mereka menggunakan nisbah dari margin sehingga harga mobil sudah jelas dengan besaran angsuran yang tetap.


Tips Mendapatkan Kredit Mobil Tanpa Uang Muka DP

1. Cari leasing atau lembaga keuangan terpercaya

Carilah lembaga keuangan yang sudah kredibel agar Anda mendapatkan pelayanan yang mudah tanpa harus melakukan proses pengajuan kredit yang rumit. Lembaga keuangan yang bonafit telah memiliki pengalaman yang luas tentang kualitas pelayanan terhadap konsumennya. Mereka sudah memiliki sistem yang terpadu untuk mempersingkat proses dan meningkatkan kualitas pelayanan.
Selain dari itu, hal ini juga bertujuan untuk menghindari suku bunga yang tidak jelas dan biaya tersembunyi sehingga dapat merugikan Anda. Jangan segan untuk bertanya dan membandingkan satu leasing dengan leasing lainnya. Carilah leasing yang menawarkan program cicilan tanpa DP dan pastikan tidak ada biaya tambahan didalamnya.
Leasing yang kredibilitasnya tinggi juga menghindarkan Anda dari usaha penipuan dalam bentuk apapun. Dengan begitu Anda dapat bertransaksi dengan nyaman tanpa ada kekhawatiran.
Mobil keluarga tanpa DP

2. Bekerja Sama Dengan Dealer

Jika anda tidak menemukan leasing yang menawarkan cicilan tanpa DP, hal Anda harus lakukan adalah menggunakan kenalan Anda di dealer untuk menaikkan harga mobilnya sebesar nilai dari DP yang ditentukan.sehingga besaran pinjaman cukup untuk membayar angsuran dan DP.
Misalkan Anda ingin membeli mobil seharga Rp 100.000.000, lalu Anda ingin mengambil kredit   tanpa DP sama sekali. Padahal perusahaan leasing mewajibkan Anda untuk menyertakan DP sebesar 20% dari harga mobiltersebut, sebesar Rp 20.000.000. Agar dapat mencakup DP ini, bekerjasamalah dengan dealer Anda untuk meningkatkan harga mobil menjadi Rp 120.000.000 di formulir pengajuan kredit.  Dengan begitu perusahaan leasing akan memberikan besaran kredit yang cukup untuk menutupi harga mobil secara utuh tanpa harus mengeluarkan DP.

3. Menggunakan Penjamin

Anda dapat menggunakan cara lain jika Anda tidak memiliki kenalan, yaitu dengan menggunakan cara penjamin. Anda harus bisa mengajak kolega atau anggota keluarga yang memiliki catatan kredit dengan rekening yang sehat dan kuat sebagai penjamin. Ia akan ikut bertanggung jawab dalam pembayaran kredit mobil Anda.
Apabila Anda gagal membayar angsuran konsekuensinya ia akan ikut membayar angsuran Anda. Menggunakan cara ini dapat membuat leasing dapat lebih percaya dan yakin dalam memberikan pinjaman dengan ataupun tanpa DP.
Baca juga:
  • 6 Langkah Memiliki Mobil Secara Kredit
  • 4 Mobil MPV yang nyaman dikendarai bersama keluarga

4. Menyiapkan Berkas Persyaratan

Dalam pengajuan aplikasi permohonan kredit, dokumen yang harus Anda siapkan meliputi fotokopi identitas seperti KTP dan KK, fotokopi slip gaji bagi karyawan dan fotokopi SIUP & NPWP untuk pengusaha, fotokopi tabungan  3 bulan terakhir, serta fotokopi rekening Listrik / PDAM satu bulan terakhir.
Setelah menyiapkan dokumen persyaratan, hubungi pihak leasing pilihan Anda atau datang langsung ke kantor perusahaan tersebut. Serahkan dokumen yang telah Anda siapkan tadi, apabila sudah diproses biasanya Anda akan di hubungi lagi dalam beberapa hari untuk kemudian disurvey. Apabila Anda dirasa layak untuk mengajukan kredit maka permohonan kredit Anda akan disetujui.

5. Rencanakan matang-matang Sebelum Mengajukan kredit

Pertimbangkan semua aspek yang akan muncul apabila Anda akan mengajukan kredit tanpa uang muka, sebab Anda akan terikat dengan kewajiban keuangan dalam waktu yang cukup lama. Penting bagi Anda untuk mengerti seluk-beluk informasi tentang proses kredit tanpa uang muka sehingga nantinya Anda tidak menjumpai masalah di tengah-tengah proses kredit .
Dengan memperbanyak informasi Anda bisa menggunakannya sebagai bahan pertimbangan. Selain agar Anda tidak terbebani dengan kewajiban keuangan yang berat, juga supaya Anda dapat memenuhi kebutuhan Anda yang lain dan merencanakan dengan kemampuan yang saat ini di miliki untukmemenuhi target sebelumnya.
Alangkah lebih baik jika Anda ikut melibatkan keluarga atau konsultan keuangan untuk dapat merencanakan dan memperkirakan resiko dengan sebaik mungkin. Dengan begitu Anda bisa menangani semua masalah yang akan timbul dalam proses kredit tersebut.


ADSENSE HERE