Translate

13 Tips Menjaga dan Merawat Performa Mesin Mobil tetap tangguh dan Awet

ADSENSE HERE
cara merawat mobil

Hal yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan performa mobil yang tangguh dan kondisi mesin yang awet adalah bagaimana Anda merawat mobil Anda. Bagi sebagian orang, mobil tidak hanya berperan sebagai moda transportasi yang mengangkut barang dan penumpang namun juga mitra kerja yang berperan penting dalam hidupnya. Sehingga mutlak bagi setiap pengendara mobil untuk membekali dirinya dengan pengetahuan dasar tentang perawatan mobil.
Dengan mengetahui cara merawat mesin mobil, Anda tidak hanya menjaga kondisi mesin untuk tetap tampil prima, namun juga menghidari biaya tambahan seperti perbaikan kerusakan mesin, memperpanjang usia komponen, hingga menjaga keselamatan jiwa Anda ketika mengemudi.
Beberapa pengemudi mobil tidak terlalu memperhatikan kondisi mobilnya ketika berkendara sehingga menimbulkan kerusakan-kerusakan yang sebenarnya bisa ia hindari. Tentu hal seperti ini tidak pernah diinginkan oleh pengendara manapun termasuk Anda, bukan? Itulah sebabnya kali ini kami merangkum beberapa poin penting tentang perawatan mobil untuk Anda. Berikut ini ringkasanya.

1. Periksa Kondisi Starter Mobil

Untuk melihat kondisi starter mobil Anda apakah dalam keadaan optimal, hal yang pertama Anda lakukan adalah menghidupkan mesin mobil Anda. Apabila mesin mobil tidak menyala berarti terdapat kerusakan pada sistemnya. Gangguan ini bisa jadui diakibatkan kurangnya suplai BBM atau udara.
Selain itu, coba periksa kondisifilter dan bersihkan dengan menggunakan kuas atau sikat gigi dengan lembut. Apabila masih terdapat gangguan pada sistem starter mobil Anda, lebih baik untuk membawa mobil anda ke bengkel mobil terdekat.

2. Menjaga Kondisi Oli Mobil Secara Rutin

Terdapat beragam jenis pelumas yang dibutuhkan oleh mobil, seperti oli mesin, oli gardan, oli transmisi, minyak rem (brake fluid), dan oli power steering. Oli tersebut memiliki interval penggantian tertentu dan butuh diganti secara berkala.
Ada kalanya Anda harus memeriksa kondisi oli Anda sebelum batas penggunaannya diakibatkan karena adanya gangguan seperti kemasukan air dan sebagainya. Apabila mesin mengeluarkan suara aneh yang keras, mesin sudah meraung namun kecepatan masih dalam kondisi pelan, atau warna oli sudah keruh atau menjadi putih susu karena tercampur air, saat itu juga Anda harus mengganti oli Anda.
Sebaiknya Anda rutin melihat kondisi oli dengan melihat level ketinggian oli dengan dipstick. Apabila melampaui level high maka Anda harus mengurangi volume oli Anda. Jika dibawah level low maka Anda harus menambah volume oli Anda.
Sedangkan untuk melihat kondisi kualitas oli Anda dapat menggunakan kertas atau tisu kemudian oleskan oli pada dipstick ke tisu tersebut. apabila masih bening berarti kondisi oli masih layak pakai, jika sebaliknya berarti oli mobil harus segera diganti.
Oli yang kotor mengandung banyak deposit kotoran dan serpuhan logam, hal inilah yang dapat merusak mesin mobil Anda jika tidak segera diganti. Mengganti oli tetap waktu selain dapat menjaga performa mobil juga mencegah membengkaknya biaya akibat kerusakan atau penggantian komponen.

3.  Periksa Cairan Radiator atau Coolant

Radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil anda. Apaila radiator Anda tidak berfungsi normal dapat menyebabkan panas berlebihan atau overheat pada mesin dan  dapat mengakibatkan mesin mobil cepat rusak.
Periksa air radiator dengan membuka tutup radiator. Jangan membuka tutup radiator ketika mesin menyala atau dalam keadaan panas. Tambahkan cairan radiator jika sudah berkurang atau ganti setelah melewati batas yang dianjurkan.

4. Menjaga kebersihan Filter Karburasi

Kondisi filter yang kotor dapat membuat mesin mobil anda sulit dihidupkan. Jaga kondisinya tetap bersih dengan menggunakan sikat gigi untuk menghilangkan kotoran dan kerak yang menempel. Jangan gunakan hairdryer atau alat compressor sebab hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada filter karburasi mobil anda.

5. Periksa Kondisi Knalpot

Knalpot atau saluran pembuangan adalah komponen l yang berfungsi untuk mengeluarkan gas sisa kendaraan pada mobil Anda. Periksa secara rutin knalpot mobil Anda untuk memastikan tidak ada kotoran atau benda lain yang menyumbat aliran pembuangan gas mobil Anda.

6. Gunakan Spare Part Mobil Original

Komponen original selain memiliki kualitas yang tinggi juga memiliki presisi yang pas untuk mesin mobil Anda. Bengkel resmi dengan mekanik handal akan selalu menganjurkan Anda untuk mengganti komponen mobil Anda dengan komponen yang original.
Selain berkualitas, spare part original juga menawakan usia pakai yang lebih lama walaupun dengan harga yang lebih tinggi daripada spare part imitasi.
cara merawat mobil agar awet

7. Injak Pedal Gas dengan Kuat Sesekali

Proses pembakaran yang tidak sempurna selalu meninggalkan jelaga yang menempel pada komponen mobil pada sistem pembakaran. Sesekali injak pedal gas mobil Anda dengan kuat untuk mengeluarkan kotoran tersebut. Lakukan hal ini ketika mobil dalam keadaan netral dan pada lingkungan yang aman.

8. Penuhi Tangki Bensin Mobil

Hal ini dilakukan untuk mencegah oksidasi yang mengakibatkan kerak pada tangki akibat udara yang masuk. Kerak yang tercampur dengan bahan bakar akan ikut terbakar pada mesin mobil dan dapat menyebabkan kerusakan. Oleh sebab itu selalu usahakan tangki mobil Andadalam kondisi bersih dan penuh untuk terhindar dari kerak.

9. Cek Kelistrikan Mobil

Mobil keluaran terbaru biasanya memiliki sistem pembakaran yang terintegrasi dengan komponen elektronik untuk menghasilkan proses pembakaran yang efisien. Jika mobil Anda sudah menggunakan sistem CDI. Jaga komponen tersebut dan segera membawa mobil Anda ke bengkel terdekat apabila terjadi kerusakan untuk diperbaiki oleh mekanik yang lebih terampil. Kerusakan pada sistem kelistrikan dapat menyebababkan resiko mobil terbakar.

10. Memeriksa Aki Mobil

Ada 3 hal yang perlu diperhatikan  dalam merawat aki mobil, yaitu ketinggian air aki, tegangan aki, dan kebersihan kutup positif dan negatif. Jaga level ketinggian air aki pada posisi ideal, jangan sampai kekurangan atau kelebihan. Periksa tegangan aki dan pastikan berada di angka 12 volt dengan alat voltmeter. Kemudian jaga kebersihan kutub aki agar dapat menghantarkan listrik dengan baik. Kotoran pada kutub aki disebabkan karena reaksi kimia, hal ini dapat mengurangi daya konduktifitas jika dibiarkan.
Baca Juga

11. Periksa Kondisi Ban

Bersihkan ban mobil dan sempatkan untuk menyemirnya secara berkala. Menyemir ban mobil selain memperindah tampilan mobil juga dapat menjaga elastisitas ban dan mencegah getas pada karet ban.
Pacu kendaraan Anda pada kecepatan ideal dan tidak melampaui kemampuan ban mobil Anda. Hal ini disebabkan karena ban mobil memiliki batas kemampuan dan dapat meletus apabila Anda memacunya diatas batas maksimumnya.
Periksa tekanan angin pada tekanan optimal dan jangan membebani ban dengan muatan yang melebihi ambang batasnya. Melebihi tekanan dapat menyebabkan ban meledak. Untuk melihat tekanan ban maksimal dapat Anda lihat pada angka yang tertera di samping ban.

12. Jaga Kondisi Cat dan Kebersihan Interior Mobil

Jangan memarkir mobil di tempat yang tidak memiliki peneduh karena panas dan air hujan dapat membuat cat mobil nampak kusam. Jaga kebersihan kaca agar terlihat selalu bening, hal ini selain membuatnya nampak tetap estetis juga dapat menjaga visibilitas Anda saat berkendara.
Bersihkan jok dan interior mobil Anda setidaknya sebulan sekali agar tidak menimbulkan bau dan jamur. Kotoran dan bau bisa berasal dari keringat atau hal lain yang dapat membuat warna jok dan interior lainnya berubah.

13. Bawa Peralatan Standar untuk Mobil Anda

Selalu siapkan diri Anda dengan peralatan seperti kunci pas, dongkrak, hingga buku manual untuk mengantisipasi kejadian tak terduga diperjalanan seperti mogok atau ban bocor. Hal ini sangat berguna apabila terjadi gangguan dan Anda berada di tempat yang jauh dari bengkel.

Selalu bekali diri Anda dengan pengetahuan tentang mobil Anda, dengan begitu Anda dapat memelihara kondisi mobil Anda tetap prima dan menjadikan Anda pengendara yang selalu siap siaga pada kondisi apapun. Have a safety ride!
ADSENSE HERE